Tidak semua hal dalam hidupku tertuang di sini, dan biarlah jari jemari ini menuruti kata hati untuk menulis apa yang aku ingin tulis dan bagikan...
Salam
@orangerini :)
...WELCOME TO ORANGE BLOG...

Senin, 22 November 2010

Idul Adha = Kenangan Kehilangan Keluarga Tersayang

Idul Adha kemarin membuat gw berpikir dan menciptakan banyak hal yang akan selalu gw kenang…
Wktu orangtua gw berangkat ke tanah suci, lebaran idul adha gw serasa sepi, karena rasanya ada yang kurang, namun gw dituntut untuk bisa belajar mandiri…
Dan gw diurusin sama nenek gw…..
Idul adha 2 tahun berikutnya, gw berhalangan untuk sholat ied sehingga ada dirumah, yah beres2 rumah, karena nenek gw juga lagi sakit, gw sekalian jagain dia dan kadang2 gw tinggal nyapu, ngepel dan bersiin kolam kamar mandi,,,
Seselesainya gw beres2 rumah,  gw balik lagi ke nenek gw, dia bilang haus dan gw ambilin air putih, setelah dia minum, gelas itu pecah…yaudah gw beresin,,,,
Gak lama orang2 pada pulang shoat ied dan katanya mau bawa nenek gw ke rumahnya karena pasti banyak yang datang, tapi pas mau jalan tiba2 dia melemah dan nafasnya gak karuan, langsung aja semua anaknya di telpon dan setelah semua anak dan menantunya datang, nenekku pun menghembuskan nafasnya yang terakhir dengan tenang dan raut muka tersenyum…
Awalnya gw ga mau bersedih karena gw pikir mungkin ini yang terbaik, daripada harus menahan penyakit jantungnya itu…  pada hari ke dua meninggal, gw pergi ke Jakarta karena kuliah udah mulai masuk.. malam 3 harinya gw mimpiin dia, nenek gw disapa diem aja,,, pada 7 harinya pun gw dikasih mimpi yang hampir sama, baru setelah itu gw ngrasain rasa kehilangan yang benar2 mendalam, sangat mendalam,,, dan rasanya pengen nangis terus karena kangen sama dia, karena dia adalah sosok nenek yang sangat menyayangi cucunya dan sangat sabar… dulu gw pikir kehilangan seorang nenek adalah hal yang sepele, ternyata kesedihan yang gw rasain sangat dalam, sediiih banget, tapi gw hanya bisa meratapi dan menangis aja… setelah gw certain ini sama mama, gw disuruh kirim doa dan yasin untuk alm. Nenek. Dan akhirnya gw melakukannya setiap malam jumat.
Lalu pada 40 hariannya, gw pun ada di Jakarta juga, gw pun mimpiin dia dan di mimpi itu gw sebagai manusia dan dia bukan manusia, hanya saja dia mau berbicara, kita bercanda dan dia memaafkan gw,,, gw pun akhirnya sedikit lega,,, pada malam ke 100 gw juga baca yasin buat dia, dan gw ga di kasih mimpi itu lagi sampai sekarang,,,,
2 tahun berikutnya adalah idul adha tahun ini, 1 hari setelah idul adha, kakek gw meninggal…. Pada idul adha gw pulang ke rumah dan kakek gw ada di rumah gw, karena udah 2 minggu kaki dia patah di tabrak orang, pas gw jenguk udah mulai menyatu tapi mamsih riskan dan belum boleh digerakin, masih pake gips juga..
Gw tanyain, kakek mau dibeliin apa? Dia bilang dibeliin pulsa aja deh, soalnya makanan udah banyak dibawain org2, yaudah gw beliin dia pulsa, terus dia minta tiap gw gajian isiin dia pulsa,,, gw bilang “oke, siap bos”.. gw pijitin dia,ngobrol banyak, dan banyak juga hal yang dia tanyain ke gw, tumben2an, biasanya kan paling bercanda2 doang,dia tanya kerjaan gw, keadaan kosan gw, pacar gw, dan semuanya deh ampe yang ga penting gitu, terus dia biasanya gak mau pake lotion anti nyamuk, biasanya pake kipas angin yang kenceng, tapi malam itu dia mau gw olesin,Cuma ama gw lho ternyata,,,
Paginya gw harus kerja lagi, gw pun pamit sama dia buat pergi ke Jakarta jam 7 pagi… gw udah sampe kosan, terus ke kantor, sampe kantor jam 12. Jam 14.30 gw di sms sama ade gw kalo kakek gw meninggal, gw gak percaya, orang kemarin dia ngomong masih lantang suaranya, makan masih doyan, dan badannya masih tinggi besar, gak layu kok…
Gw langsung telpon ade gw dan dia bilang bener, gw minta ngomong sama nyokap gw, malah tiba2 rempong dan ade gw bilang nyokap gw pingsan, gw telpon k nomor nyokap, yg angkat ade gw dg nada nangis manggil mama gw yang lagi pingsan, gw nelpon teteh gw, dia bilang gak tau krn msh di kantor, gw telpon tante gw baru deh dia bilang bener sambil nangis2 gitu,,,
Langsung aja gw yang lagi ngerjain kerjaan kantor pulang dan temen gw pun bersedia menghandle kerjaan gw untuk sementara…
Gw langsung balik ke kosan dan langsung pulang ke Serang… sampai rumah jam 19.30… gw langsung meluk nyokap gw sambil nangis dan langsung menuju belakang,,,,, kakek gw lagi dimandiin jenazahnya,,, sediiih banget litanya gak bisa nahan air mata, rasanya capek gw bolak balik serang Jakarta itu gak berasa deh…. Mana kaki dia masih patah…
Gw ngeliat dia dimandiin sampai dia dibungkus kain kafan,,,, selesai dimandiin dia terllihat sangat ganteng, dan semua orang bilang gitu, hehe, kinclong banget deh…. Gw percaya gak percaya ngeliatnya…. Yaampun gw udah gak punya kakek lagi,,, kakek gw yg satunya lagi udah meninggal pas gw kecil, jd gak terlalu berasa sedihnya,,,,
Kali ini gw ngerasain sedihnya ditinggal orang yang sangat gw sayangi untuk ke dua kalinya,,, kok sakit banget ya perasaan gw, dan gw ngrasa kehilangan banget,,,, gw  belum bisa menuhin permintaan dia, tiap gajian isi pulsanya,,, :’(…
Selama 4 hari gw di rumah, gw liat di tempat dia meninggal, rasanya baru kemarin ngobrol sama dia…
Mana tempat dia meninggal sama dengan alm. Nenek gw, di ruang sholat di rumah gw dan kepalanya menghadap kiblat… kakek gw meninggal setelah sholat zuhur, dia makan, BAB, dan gak lama, perutnya sakit…. Dan tiadalah….
Mereka sangat kompak, meninggalnya beda satu hari pada Idul Adha, tempat meninggalnya sama, di rumah Orangtua gw (semoga itu adalah pertanda bahwa orangtua gw adalah anak yang berbakti kepada orangtuanya) dan dengan  ruangan dan posisi yang sama pula serta pada waktu terakhir mereka masih sempat sholat,,,
Selain itu, Kakek gw kan baru menikah lagi 10 bulan lalu, nenek tiri gw kasian banget, sangat terpukul, sampai2 tanpa sadar dia bilang ingin menyusul kakek gw ke alam sana,,, ckckck…
Pokoknya dengan perasaan yang gw rasain kali ini,,,, gw gak mau nyesel untuk ke depannya,,,, gw harus selalu berdoa untuk kedua orang tua gw, gw pengen cepet2 sukses deh biar bisa membanggakan orang tua gw,dan gw pengen membahagiakan orangtua gw dan keluarga gw serta semua orang2 yang gw sayang….dan yang pasti gw harus nurut dan berbakti sama orangtua dan bisa membantu sesama..
Gw gak bisa bayangin kalo gw kehilangan orangtua gw,,,,, mungkin rasanya seperti ingin mati saja…
Karena tumpuan gw di saat rapuh dan lemah adalah orangtua gw….
Yah intinya adalah Idul adha memiliki cerita dan kenangan buat gw,,,, di mana gw harus belajar mandiri, dan gw dua kali kehilangan orang yang sangat gw sayangi…
Dan semua itu membuat gw sadar, bahwa di dunia ini gak ada yang abadi,,,,karena semua milik Allah,,,
Ada yang hilang, ada juga yang lahir,, yah tante gw lagi hamil 8 bulan,,,, gw sih berpikir ke sana aja,,,
Gak mau nyalahin orang yang nabrak kakek gw, karena ini udah takdir,,,,
Lalu intinya selagi kita masih ada di dunia ini, nomor satu adalah orangtua, kita harus berbakti kepada orangtua kita, karena alasan terbesar gw hidup adalah untuk orangtua gw…..

2 comments:

ReBorn mengatakan...

gue jadi bingung ini ada kabar sedih dan duka barengan gini. :)
tapi kehilangan rasanya lebih dalam daripada menemukan hal yang baru. semoga keluarga terutama diri lu dikuatkan ya. gue dah denger berita ini dari neng. sori baru bisa ngomong sekarang.

orangerini mengatakan...

sedih ma duka apa bedanya?hehe
gw mah dr dulu udah kuat kali, hihi
iya gpp cal, santai aja,,, :)

Posting Komentar

 
Powered by Blogger