Tidak semua hal dalam hidupku tertuang di sini, dan biarlah jari jemari ini menuruti kata hati untuk menulis apa yang aku ingin tulis dan bagikan...
Salam
@orangerini :)
...WELCOME TO ORANGE BLOG...

Rabu, 03 November 2010

Soeharto Pahlawan...???


Bingung kalo komentarin negeri ini...
waktu itu pacar gw ngasih liat tulisan orang di kaskus...ya pokoknya intinya dia adalah salah satu aktivis yang terlibat dalam aksi di gedung DPR MPR pada tahun 1998 yang berhasil menggulingkan pemerintahan orde baru Soeharto...
dia menyesali perbuatannya karena sekarang negara ini semakin kacau dan harga2 selalu naik...
setiap dia bertemu dengan rakyat kecil, dia selalu bertanya, enakan zaman soeharto apa sekarang, dan mereka selalu bilang zaman soeharto lebih enak dan tenteram...
setiap mendengar pernyataan masyarakat tersebut, dia selalu dihantui rasa bersalah...
gw jadi inget dengan orang2 di sekitar gw, baik waktu gw di jawa tengah ataupun di banten, semua idem dengan pernyataan yang sama "enakan zaman Soeharto dengan harga yang serba murah dan tenteram"...
terlebih lagi keluarga gw yang basic nya PNS, pastinya waktu itu Golkar donk....
Tibalah saatnya gw ke jakarta dan bertemu dengan para aktivis,,, mengikuti diskusi dan membaca buku2 aktivis,,,
banyak hal yang gak gw duga sebelumnya... bukti2 adanya pelanggaran HAM yang dilakukan pada zaman Soeharto memimpin banyak juga,,,ditambah lagi kasus2 korupsi...
untuk orang2 yang berada dalam dunia politik yang mengganggu kekuasaan Soeharto pasti gak aman...
sebaliknya, untuk masyarakat, Soeharto menjadi sosok yang sangat dekat dengan masyarakat...
namun di balik semua itu, pihak2 yg tidak sepaham dengannya adalah pihak yang dirugikan...
inilah yang membuat rezim ini banyak melakukan pelanggaran HAM..
sampai beliau meninggalpun, kasusnya pelanggaran HAM nya masih diusut...
Komnas HAM melakukan kajian ulang dari laporan komisioner periode sebelumnya dan memfokuskan pada lima kasus besar yang belum terungkap yakni kasus Pulau Buru, Kasus Penembakan Misterius (Petrus) tahun 1981-1985, Kasus 27 Juli, Kasus Tanjung Priok dan kasus Daerah Operasi Militer (DOM) di Aceh dan Papua.
wah barusan gw liat video yang dibuat film oleh reporter dari Amerika tentang pelanggaran HAM di Aceh, brrrrr ngeri banget,,,,
semalem gw d sms sama aktivis tapi gak tau siapa, seperti ini sms nya "War Crime (BOSNIA 94-95), Century Crime, Economic Crime, Politic Crime, Democratic Crime, dsb yg hasil Rezim Crime harus disuarakan terus. SAMPE REZIM JAHAT INI LENGSER. @SMS ini di forward ke semua aktivis. Salam Revo. Semoga Perubahan segera terjadi di negeri ini. Amin. MA. ***fwd. RAKYAT BERGERAK : Setuju banget, krn SBY mengulangi lagi kebodohannya, kenapa? pengangkatan KAPOLRI baru, dipilihnya orang nya yg akan menutupi semua kejahatannya sejak menjadi DAN KONGA di Boznia, Serbia ('94 - '95), peristiwa Trisakti 98, Semanggi 1-2 98 s/d peristiwa Ambon, Poso yang dirintis dari pengalaman mulai berpangkat kapten inf. invasi aksi  buku putih ITB 77-78. penyerbuan kantor PDIP Jln. Diponegoro yang nyaris membunuh ibu Megawati SP banyak korban kader PDIP tewas, luka berat dan hilang waktu itu sebagai Kasdam Jaya (96)"
Ya gw jadi semakin bingung untuk berpikir, siapapun pemerintah kita selalu didemo,,, memang tak ada salahnya mengkritisi pemerintah agar kerjanya lebih baik, tapi gw rasa semua ini kelewat batas,selain berdemo seharusnya ada solusinya,, kalo gak mau orang itu, lantas siapa???
sempat gw tanya hal itu, dan ada yang menjawab, saatnya yang muda yang memimpin, sama seperti pendapat Yudi Latif dalam Diskusi Kompas yg gw hadiri,, oke, lanjutkanlah kawan2..pilihlah sampai ketemu orang muda seperti apa yang layak jadi pemimpin kita,,,,
bagi gw, SBY memang terlalu lemah, tapi kenapa dia selalu dikaitkan dengan peristiwa demi peristiwa yang terjadi pada saat rezim Soeharto..apa mungkin karena backgroundnya yang militer...
seperti kata bang Jus Soema di Pradja : SBY kacung dari kacungnya Soeharto...
yah dunia ini adil kok, ada yang menjalankan ada yang mengkritik,,, gw sih sebagai masyarakat biasa aja lah...
belakangan ini santer kabar tentang layaknya Alm. Soeharto menjadi Pahlawan...
menurut gw sih dia pantas jadi pahlawan, bagaimanapun juga kejahatan yang dia lakukan, tetap aja mayoritas bangsa Indonesia merasa aman dan tenteram ...
yang salah adalah cara dia berpolitik, ya politik kotor yang demi kepentingan politiknya, pelanggaran HAM pun dapat dilakukan,,,kalau masalah korupsi sih, kurang paham gw...
Seperti apa kata Ruhut Sitompul "Yang menolak Soeharto menjadi pahlawan adalah PKI", ya gw ga setuju dg statemen itu, meskipun gw setuju Soeharto jadi pahlawan, tapi kan yg gak setuju bukan PKI juga,,,, hmmm....
bingung sih sebenernya dengan Soeharto, banyak jahatnya, tapi masyarakat yang dipimpin merasa tenteram, berarti kan dia layak lah jadi pahlawan,,,,
gak ada pahlawan yang pure bersih2 banget kok,,,
ya memang pahlawan adalah orang yang berjuang demi negara dan masyarakat sampai akhir hayatnya,,,,
50 : 50 sih sebenernya, tapi Soeharto udah cukup berhasil membahagiakan rakyat kecil, jadi biarkanlah dia tenang di alamnya sebagai pahlawan bangsaaa....

6 comments:

ReBorn mengatakan...

spoiler ya rin.

gue tetep merasa suharto tidak layak mendapat gelar pahlawan. jasa dia cuma 1: swasembada pangan. seribu laennya: dosa. karena pemerintah melakukan KKN dengan diam-diam, seharusnya mahasiswa yang cerdas juga mengulingkan suharto dengan diam2. ini teori gue ya. jadi ga akan ada yang namanya krisis global. dalam hal ini mahasiswa juga salah.

nah masalah pengkritik yang tidak memberi solusi, itu memang sudah tugas dia untuk mengkritik. tugas gue sebagai quality control ga lantas harus memperbaiki produk yang reject kan? jadi memang sudah tugasnya. haduh, sori rin, kepanjangan. ghehehe.

orangerini mengatakan...

haha gapapa cal...
meskipun 1 tp kn masyarakat sejahtera, gw juga benci kl ngliat tragedi2 pelanggaran HAM dan korupsi, penggelapan2 macem2, dll...
makanya gw bingung...
org2 di sekitar gw pun menolak keras Soeharto jd pahlawan,dan alesannya logis,, kl gw jadinya fifty2 deh, haha....
yasudahlah,,, jadi presiden gie dah lo...haha

ReBorn mengatakan...

ini enaknya blog rin. terserah mau ngomong apa. yang pasti punya prinsip masing-masing. lembur gue hari ini. weleh...

orangerini mengatakan...

iya sih, tp gw msh perlu mencari jati diri kayanya, halah....
bgus cal lembur, biar makin byk duit lo, cpt dapet cewe deh...hahaha...

Nova Miladyarti mengatakan...

soeharto ya??
kurang ngerti juga sih, soalnya jaman pimpinannya dulu masih SD, hehhehe;P

orangerini mengatakan...

Nova : sama donk kitaa, masih SD juga gw....hehehehe :)

Posting Komentar

 
Powered by Blogger