Tidak semua hal dalam hidupku tertuang di sini, dan biarlah jari jemari ini menuruti kata hati untuk menulis apa yang aku ingin tulis dan bagikan...
Salam
@orangerini :)
...WELCOME TO ORANGE BLOG...

Senin, 11 Oktober 2010

Sleep Paralysis Menghantui Tidur Gw Terus

Rep - rep an atau bahasa ilmiahnya sleep paralysis sering banget mampir ke tubuh gw..
gw sangat tersiksa ngrasain sleep paralysis, banyak orang yang menyebutnya tindihan karena rasanya seperti di tindih oleh mahkluk halus..
rasanya susah banget bernafas, dan seperti ada yang menindih badan gw sampai gw gak bisa nafas dan bergerak, padahal mata ini rasanya ngliat apa yang ada di sekitar kita, berteriak gak bisa, pokoknya tersiksa banget deh..
Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).
Tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).
Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.
Kadang, otak kita tidak mengakhiri mimpi atau lumpuh kita dengan sempurna ketika terbangun.
Ciri-ciri  Sleep Paralysis:
- Pandangan kabur
- Ketakutan
- Merasakan suatu 'keberadaan'
- Merasa tekanan berat di tubuh
- Merasa gak bisa nafas
- Merasakan ancaman kematian
- Halusinasi suara
- Halusinasi visual spt bayangan, cahaya dll
- Perasaan melayang (out of body exp, OOB)
- Halusinasi gerakan

Mitos Sleep Paralysis Di Berbagai Negara :

- Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
- Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
- Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
- Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
- Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
- Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
- Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
- Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.
- Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.
- Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
- Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis


Beberapa penelitian menunjukkan adanya kondisi tertentu dimana kemungkinan mengalami Sleep Paralysis akan menjadi lebih tinggi bagi seseorang. Mereka yang mengalaminya, biasanya adalah ketika yang bersangkutan tidur telentang. Lalu, fenomena ini lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan yang berlebihan atau mereka yang jadwal tidur normalnya terganggu.Dan luar biasanya, mereka yang biasa minum obat penenang akan menjadi lebih sering mengalaminya..
Ini ada beberapa tips yang dihasilkan dari penelitian klinis, yaitu:
1. Tidurlah yang cukup dan teratur
2. Kurangi Stress
3. Berolahragalah secara teratur

Dengan kata lain, gaya hidup sehat!
Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralysis bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.]
huuuh takut juga kalo kaya gini kadang gw berpikir gw depresi,,, tapi gw rasa itu lagi lebay aja....

Banyak banget orang yang mikir sleep paralysis atau tindihan ini adalah gangguan makhluk halus, dan awalnya gw pun takut, karena beberapa temen gw bilang seperti itu,,,
pada akhirnya gw berpikir secara logis dan ilmiah aja. mungkin gw sering kaya gini karena kurang tidur, tidur gak teratur atau banyak pikiran (stress...). 
Waktu gw skripsi, ditambah lagi banyak masalah yang menghampiri, gw tiap hari selalu ngalamin gangguan ini, tersiksa banget rasanya gw kaya setengah idup aja, rasanya kaya gak bakalan bisa balik lagi ke dunia nyata..
 setelah liat banyak artikel, gw selalu gak pernah tidur terlentang lagi, dan itu lumayan ngaruh, tapi biasanya pas udah bangun tidur, gw tidur lagi suka ga krasa terlentang atau gak, gw kena sleep paralysis lagi...
satu bulan lebih 95% nya gw selalu ngalamin ini...
emang sih gw baca artikel, pasti dalam hidup manusia, pasti pernah mengalami ini sezekali, tapi kan sesekali, ga keseringan...
gw konsultasi sama dokter d sleep clinic, katanya cuma kecapean dan kurang tidur ajah, gw disuruh tidur kurang lebih 8 jam sehari, jangan stress, gitu aja sih, pas gw tanya ada terapi khusus apa engga, katanya gak ada, huft..
Akhirnya sekarang gw selalu mengusahakan untuk tidur cepet demi badan gw ini,,,
semenjak gw kerja, gw mulai hidup dengan jam tidur dan jam bangun yang teratur dan semenjak itulah gw ga terkena sleep paralysis lagi...
Tapi kemarin hari minggu pagi gw kepikiran acara kantor yang belum beres dan karena hari libur, gw pun bangun agak siang, yaaah terkena sleep paralysis lagi deh (tersiksa banget), gw gak tau karena kecapean, bangun kesiangan (ga teratur kaya biasanya), atau karena stress/ banyak pikiran, atau karena tidur terentang, atau karena ada setan,,, what ever lah,
yang pasti gw cuma bisa berusaha hidup dengan pola yang sehat dan teratur, tidur dengan posisi yang gak terlentang,serta jangan lupa solat dan berdoa sebelum tidur...
mungkin itu adalah beberapa solusi biar gw ga kena sleep paralysis lagi..

2 comments:

ReBorn mengatakan...

gw rasa ada masalah atau engga, lu stress mulu, rin. ya sudahlah, terima saja tindihan itu.

*angkat sarung, kabur*

Orangerini mengatakan...

maksud lo......!!!!!
gw gila gitu???
hmmmmmmmmmmmmmmmmmm...............

Posting Komentar

 
Powered by Blogger